03_Array

Nama                     : Dikdik Nawa Cendekia Agung

NPM                       : 23552011240

Kelas/Semester   : 223PD /Semester 1 (ganjil)



Array

Array/Larik adalah Struktur data sederhana yang di dalamnya terdapat kumpulan elemen data dengan tipe data yang sama yang disimpan secara berujurtan dalam memori komputer. Setiap elemen dalam array didefinisikan menggunakan indeks, yang dimulai dari 0 untuk elemen pertama. 

Array memiliki karakteristik yakni:

  1. Tipe Data yang Sama: Array dapat menyimpan elemen-elemen dengan tipe data apapun, seperti bilangan bulat, desimal, karakter, string, atau bahkan tipe data kompleks seperti objek.  Namun, semua elemen dalam array harus memiliki tipe data yang sama.
  2. Ukuran Tetep (bersifat statis): Array memiliki ukuran tetap yang ditentukan saat deklarasi. Ukuran array yang telah dibuat tidak dapat diubah setelah dideklarasikan.
  3. Akses dengan Indeks: Array dapat memiliki satu dimensi (Array dimensi 1) atau lebih dari satu dimensi (Array multi dimensi). Setiap elemen dalam array dapat diakses langsung dengan menggunakan indeks yang sesuai. Misalnya, jika kita memiliki array satu dimensi dengan nama array Buah yang berisi : [ "Apel", "Anggur", "Jeruk", "Mangga", "Nanas"], maka kita dapat mengakses elemen pertama dengan Buah [ 0 ], elemen ketiga dengan Buah [ 2 ] dan seterusnya.

Array terbagi dalam beberapa jenis diantaranya:

Array Dimensi Satu
Array Dimensi satu atau Array satu dimensi adalah jenis array yang paling sederhana, Array ini terdiri dari sekumpulan elemen data yang disusun secara linier/ baris. dalam satu baris tersebut tersusun beberapa elemen dengan tipe data yang sama. Setiap elemen yang ada didalam array dimensi satu tersebut dapat diakses menggunakan indeks tunggal. Array dimensi satu menjadi satu jenis array yang mudah digunakan dan dibaca sehingga array ini paling umum digunakan dalam pemrograman.
    
Array Dimensi Dua
Array dimensi dua adalah jenis array yang terdiri dari dua dimensi atau bidang. Jenis array ini merupakan perluasan dari array dimensi satu, sehingga terdiri dari kolom dan baris yang berbentuk matriks. Setiap elemen dalam array dua dimensi diakses menggunakan dua indeks, yaitu indeks baris dan kolom. Contoh dari penggunakan array dua dimensi adalah saat kita ingin menyimpan data dalam bentuk tabel, seperti data dari mahasiswa dengan Struktur Nama, NIM, dan Nilai. Sehingga dalam array dimensi dua ini kita dapat menggunakan tipe data yang berbeda dalam satu array.

Array Dimensi Tiga
Array dimensi tiga adalah sebuatan untuk array yang penomoran indeksnya menggunakan 3 angka. Penggambaran yang sering dipakai untuk array ini seperti titik koordinat dalam diagram kartesius 3D. Diagram kartesius merupakan diagram yang biasa kita pakai untuk membuat grafik. untuk diagram kartesius 3D, terdiri dari Sumbu X, Sumbu Y, dan Sumbu Z.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

01_Pengantar_Struktur_Data

06_Linked_List